Kamis, 09 Juni 2016

Ketahuilah 12 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rhinitis Alergi

Berjumpa kembali bersama kami di halam blog kesehatan rhinfokesehatan.blogspot.co.id yang selalu memberikan informasi-informasi menarik mengenai kesehatan dan kecantikan terkini,terupdate dan terlengkap.Pada kesempatan kali ini kami kan memberikan satu bahasan yang sangat menarik dan sangat sayang untuk anda lewatkan,karena pembahasan yang akan kami berikan ini adalah mengenai 12 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rhinitis.Apa sajakah ke 12 langkah tersebut ? untuk itu simak ulasan lengkapnya berikut ini .

Ketahuilah 12 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rhinitis


Ketahuilah 12 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rhinitis Alergi
Ketahuilah 12 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rhinitis Alergi ,-Rhinitis alergi menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dan paling sering dialami oleh semua orang baik itu anak-anak hingga orang dewasa bisa mengalami hal ini.Rhinitis alergi sendiri merupakan suatu kondisi medis yang dimana terjadinya inflamasi pada hidung akibat dari adanya reaksi alergi.Walaupun terlihat seperti kondisi yang tidak terlalu membahayakan,akan tetapi efek dari penyakit ini sangat mengangu terhadap kesehatan lainnya.

Meskipun memang bisa untuk di cegah dan diobati dengan sedini mungkin tentunya sering sekali rhinitis ini sangat sukar untuk diatasi,maka dari itu agar bisa lebih mudah dan efektif untuk mengatasi hal ini,berikut ini ada 12 langkah mudah untuk kita lakukan dalam menangani penyakit rhinitis alergi ini :

  • Perhatikan Aliran Udara
Menjaga udara dalam ruangan agar bebas dari pemicu alergi dapat membantu meringankan reaksi alergi hidung Anda. Instalasi filter udara khusus dalam sistem AC dapat menghilangkan 90% sampai 95% partikel dari udara dalam ruangan Anda. Menutup pintu dan jendela ketika jumlah serbuk sari atau asap di luar ruangan tinggi dapat  membantu menjaga alergen lain tidak memasuki rumah Anda

  • Pertimbangkan Terapi Alternatif
Walaupun hasil penelitian masih bertentangan, beberapa orang menemukan herbal tertentu dan suplemen membantu meredakan alergi musiman. Salah satu bukti terbaik adalah Butterbur atau petasites yang dari beberapa penelitian menunjukkan dapat membantu mengurangi gejala alergi hidung. Penelitian lain menunjukkan Butterbur dapat bekerja dengan baik sebagai antihistamin pada beberapa orang. Tanaman ini hanya tumbuh di daerah utara garis khatulistiwa, umumnya di Amerika dan Eropa dan sudah dibuat dalam bentuk pil. Bisa dibeli online.

  • Hilangkan Alergen
Setiap kali Anda selesai bepergian dan kembali ke rumah, Anda membawa serta partikel-partikel dari dunia luar. Setelah berada di alam terbuka, maka pakaian, sepatu, rambut, dan kulit ditutupi dengan partikel kecil dari tempat yang Anda kunjungi. Dengan mandi dan mengganti pakaian maka Anda akan dapat menghilangkan alergen. Melepas sepatu Anda di pintu akan membantu menjaga agar alergen tidak masuk ke rumah Anda.

  • Tingkatkan Vitamin D Anda
Banyak studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D mungkin menyebabkan gejala alergi atau membuat alergi bertambah buruk. Jika Anda memiliki alergi, cobalah untuk mendapatkan setidaknya 200 IU vitamin D setiap hari. Sumber vitamin D adalah minyak ikan dan lemak ikan, seperti tuna dan salmon, atau suplemen jika Anda tidak bisa mendapatkan vitamin D dari pola makan Anda. Meskipun Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, Anda harus memakai tabir surya dengan SPF minimal 15, yang dapat memblokir vitamin D dan menghalangi sinar UV.

  • Gunakan Masker
Masker dapat mencegah alergen memasuki saluran pernapasan ketika Anda tidak dapat menghindari alergi pemicu tertentu, seperti ketika sedang memotong, menyapu, atau membersihkan. Masker Respirator N95, yang banyak tersedia di toko obat dan toko peralatan medis, akan dapat memblokir 95% partikel kecil, seperti serbuk sari dan alergen lainnya.

  • Minum Lebih Banyak Cairan
Jika Anda merasa sesak atau memiliki postnasal drip dari alergi Anda, cobalah minum lebih banyak air, jus, atau cairan lainnya. Minum cairan tambahan dapat membantu mengencerkan lendir di hidung Anda dan mungkin meredakan sesak. Cairan panas, seperti teh, kaldu, atau sup, dapat menenangkan karena ada tambahan manfaat uap.

Baca Juga Informasi Terkaitnya : Pengobatan Untuk Sembuhkan Rhinitis Alergi

  • Pelajari Cara Membersihkan Yang Aman
Menjaga kebersihan rumah Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk menjauhi alergen dari dalam ruangan. Akan tetapi membersihkan dengan bahan kimia berat dapat memperburuk alergi dan memicu gejala alergi. Coba bersihkan dengan produk rumah tangga biasa seperti cuka atau baking soda. Dan gunakan vacuum cleaner yang memiliki filter HEPA untuk menangkap alergen. Jika alergi Anda parah, sebaiknya minta tolong orang lain untuk melakukan pembersihan.

  • Makan dengan Pola Makan Sehat
Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang makan dengan pola makan kaya sayuran segar, buah-buahan, dan kacang, khususnya anggur, apel, jeruk, dan tomat,  memiliki gejala alergi lebih sedikit. Sementara para peneliti terus mencari tahu hubungan antara pola makan dan alergi hidung, secara umum diketahui bahwa makan makanan yang sehat memiliki banyak keuntungan bagi tubuh. Sebagai langkah awal. coba tambahkan setidaknya satu buah segar dan sayuran setiap kali makan.

  • Hindari Asap Rokok dan Asap Lainnya
Asap rokok dapat memperburuk gejala alergi Anda, memperburuk hidung yang tersumbat dan mata berair. Jika Anda merokok, maka berhentilah dan juga meminta orang lain di rumah Anda untuk berhenti merokok. Cobalah untuk menghindari tempat-tempat di mana orang merokok, memilih restoran, klub malam dan kamar hotel yang bebas asap rokok. Lebih baik juga untuk menghindari asap lain yang dapat memperburuk gejala alergi, seperti semprotan aerosol dan asap dari pembakaran kayu perapian.

  • Cari Tahu Pemicu Anda
Hal ini mungkin terdengar sederhana, tetapi untuk menghindari pemicunya, maka pertama-tama Anda perlu tahu apa saja pemicunya. Ahli alergi pediatrik Louisville James Sublett, MD mengatakan: “Saya pernah mendengar orang menyingkirkan hewan peliharaan kesayangan mereka dan kemudian mengetahui bahwa  hewan peliharaan tersebut tidak menyebabkan alergi.” Karena itu, buatlah janji dengan ahli alergi untuk melakukan tes alergi kulit. Tes alergi kulit ini dapat membantu menemukan pemicu Anda.

  • Gunakan Pembilas Hidung
Pembllas hidung membersihkan lendir dari hidung Anda dan dapat membantu meringankan gejala alergi hidung. Hal ini juga dapat membilas bakteri, lendir tipis, dan membantu mengurangi postnasal drip. Beli perangkat bilas atau membuatnya menggunakan Neti pot atau nasal bulb. Campurkan 1/2 sendok teh garam 1/2 dengan sejumput baking soda dalam 8 ons air hangat. Kemudian bungkuk di atas wastafel, siram dengan lembut satu lubang hidung sambil menjaga lubang hidung lainnya ditutup dan biarkan cairan mengalir. Lakukan hal yang sama untuk lubang hidung lainnya.

  • Coba Uap Panas
Menghirup uap panas adalah cara sederhana untuk mengurangi ketidaknyamanan hidung tersumbat dan dapat meringankan pernapasan ketika Anda mengalami alergi. Siapkan mangkuk berisi air panas dan kemudian arahkan kepala ke atas mangkuk tersebut dengan handuk di atas kepala Anda untuk menjaga uap panas agar tidak keluar. Atau duduk di kamar mandi dengan pancuran air panas menyala. Anda dapat menggunakan uap panas beberapa kali sehari untuk meringankan gejala alergi.

Nah itulah sobat kesehatan 12 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rhinitis Alergi yang bisa kita lakukan di dalam kehidupan sehari-hari.Meskipun anda sedang tidak menderita penyakit ini,akan tetapi harus selalu senantiasa menjaga kondisi agar terhindar dari penyakit rhinitis alergi ini.Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa rhinitis alergi ini merupakan salah satu penyakit akibat dari lemahnya sistem kekebalan tubuh,oleh karenanya memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah cara terbaik untuk mencegahnya.,-Ketahuilah 12 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rhinitis Alergi

Terimakasih Atas Kunjungannya,Semoga Informasi Ini Bisa Bermanfaat Untuk Kita Semua

Baca Juga Informasi Menarik Lainnya :
Cara Jitu Mengatasi Keputihan Abnormal
Cara Jitu Menyembuhkan Infeksi Mulut Rahim
Deep Sea Fish Oil Softgel
Triflex Capsule
Pengobatan Alternatif Gondongan Pada Anak
Pengobatan Untuk Sembuhkan Radang Testis

Post By RH Info Kesehatan

Ketahuilah 12 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rhinitis Alergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar