Selasa, 21 Juni 2016

14 Bahan Alami Untuk Mengatasi Radang Tenggorokokan

14 Bahan Alami Untuk Mengatasi Radang Tenggorokokan,-Anda saat ini sedang mengalami radang tenggorokan ? dan bingung untuk mengobatinya harus dengan cara yang bagaimana ? namun mulai saat ini anda tidak perlu khawatir,karena kini telah banyak sekali cara untuk mengobati penyakit radang tenggorokan ini,salah satunya yang akan kami informasikan disini yakni dengan 14 bahan alami.Apa sajakah ke 14 bahan alami ini ? namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu radang tenggorokan.,

14 Bahan Alami Untuk Mengatasi Radang Tenggorokokan


14 Bahan Alami Untuk Mengatasi Radang Tenggorokokan
14 Bahan Alami Untuk Mengatasi Radang Tenggorokokan,-Secara medis, radang tenggorokan ialah kondisi saat tenggorokan mengalami infeksi bakteri. Kondisi ini akan mampu menyebabkan tenggorokan Anda mengalami peradangan, iritasi hingga suara yang berubah menjadi serak.Kondisi ini sering kali bisa menyerang pada siapa saja semua kalangan usia,apalagi dicuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini,penyakit radang tenggorokan menjadi semakin meningkat.

Namun seperti yang sudah dibahas di awal,anda tidak perlu khawatir akan hal ini,karena kini untuk menyembuhkannya bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah dan murah yang bisa anda dapatkan dengan cepat,apa saja ke 14 bahan alami ini ? berikut daftar selengkapnya :

  • Kunyit
Selain sebagai bumbu untuk para ibu memasak, kunyit juga bisa menjadi salah satu ramuan yang ampuh untuk menumpas rasa sakit di tenggorokan. Bahan tambahan untuk mengolah kunyit menjadi obat sangat mudah di temukan. Bahan yang harus Anda siapkan seperti 2 ruas jari kunyit, 1 sdt garam. Caranya dengan, kupas kunyit hingga bersih, potong dengan halus, siapkan air 300 ml. Siapkan kompor, dan panci. Rebus kunyit tambahkan garam. Setelah mendidih diamkan hingga air rebusan menjadi hangat. Kumur dengan menggunakan air rebusan secara teratur 3 hingga 4 kali sehari.

  • Madu
Cairan manis ini merupakan salah satu bahan alami berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk sakit tenggorokan. Campurkan 1 sendok makan madu dengan air hangat lalu minum pada pagi hari. Madu dapat menyembuhkan iritasi pada tenggorokan secara alami.

  • Lemon
Lemon yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga mampu mengatasi sakit tenggorokan Anda. ramuan alami ini hanya membutuhkan tambahan madu. Sediakan 1 sdm lemon, serta 1 sdm madu. Campurkan dengan tambahan secangkir air hangat. Minum ramuan ini secara teratur 3 kali sehari. Tenggorokan pun akan berangsung-angsur membaik. Bila di rumah Anda tidak memiliki ketersediaan lemon, Anda juga bisa menggunakan madu saja. Hal ini dikarenakan, madu memiliki zat antibiotik yang sangat alami. Sehingga luka pada tenggorokan pun akan bisa berangsur sembuh.

  • Tanaman Alang-Alang
Tanaman alang-alang sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman herbal yang berkhasiat mengobati bermacam penyakit. Diantaranya melancarkan air seni, meredakan hipertensi hingga mengatasi keputihan. Termasuk mengobati sakit tenggorokan. Caranya, bersihkan 1 genggam batang alang-alang kemudian direbus hingga mendidih. Air rebusan disaring kemudian diminum sekali sehari.

  • Air Garam
Garam, Anda pasti tidak asing dengan bumbu yang satu ini. Salah satu bahan yang mudah di dapat ini ternyata mampu menyembuhkan sakit tenggorokan Anda. Anda bisa mengobati sakit tenggorokan dengan 2 cara, yakni berkumur dengan air garam atau meminum air garam. Mengapa air garam di minum? Hal ini dikarenakan ia mampu menghilangkan panas ketika Anda meminumnya. Panas juga bisa menjadi salah satu penyebab dari sakit tenggorokan. Garam memiliki fungsi sebagai antiseptik yang alami. Ia mampu membersihkan lendir yang berada di tenggorokan serta menghilangkan rasa sakitnya. Sebelum Anda menggunakan air garam untuk berkumur, Anda bisa memastikan suhu air normal, tambahkan sesendok teh garam, aduk hingga merata, kumur sehari 3x.

  • Pisang
Buah pisang juga ternyata bisa digunakan untuk meredakan penyakit radang pada tenggorokan. Caranya juga cukup mudah dan enak. Anda tinggal mengkonsumsi buah pisang tersebut seperti biasa. Kemampuan pisang dalam mengatasi sakit tenggorokan adalah karena teksturnya yang lembut, mudah dicerna, dan kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin C yang bagus untuk mengobati peradangan.
Advertisement

  • Telur Orak-Arik
Satu lagi makanan yang dapat membantu mengatasi radang tenggorokan, yaitu telur orak-arik. Telur bukan hanya kaya protein dan berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, namun juga bisa meredakan pedih di tenggorokan dan meredakan radang di tenggorokan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak garam dan minyak saat mengolahnya karena dapat memperparah peradangan di tenggorokan.

Baca Juga Informasi Terkaitnya : Pengobatan Untuk Sembuhkan Faringitis

  • Teh Jahe
Siapa yang tidak tahu jahe. Bahan yang sering digunakan menjadi penghangat tubuh ini juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan ia memiliki kandungan zingiberin yang sangat membantu menghilangkan racun yang berada di tubuh, serta lebih meningkatkan sirkulasi darah. Jahe, bisa digunakan sebagai obat tenggorokan, dikarenakan ia memiliki khasiat seperti anti inflamasi. Khasiat ini akan sangat membantu untuk pembunuhan bakteri-bakteri jahat yang ada di tubuh. Anda bisa mengiris beberapa ruas jahe, tambahkan dengan secangkir teh hangat.

  • Buah Belimbing
Tahukah Anda bila buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini mampu mengobati sakit tenggorokan? Buah ini memiliki khasiat anti-radang yang dapat Anda pergunakan untuk mengobati peradangan yang berada di tenggorokan. Cara yang bisa Anda lakukan dengan mengonsumsinya secara langsung. Cara lain, Anda bisa membuatnya sebagai jus. Namun hindari menambahkan gula.

  • Bawang Putih
Bahan yang sering dipergunakan para ibu untuk bumbu masakan ini ternyata bisa mengobati sakit seperti tenggorokan. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan senyawa bernama allicin. Allincin adalah zat yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri. Prosesnya sangat mudah, Anda bisa mengunyah bawang putih, dan kumur dengan menggunakan air hangat. Bawang yang Anda kunyah ini dalam keadaan yang mentah, bukan bawang yang telah Anda masak. Setelah berkumur, Anda bisa meminum air campuran madu.

  • Sup Ayam
Dari berbagai macam obat tradisional yang alami, sepertinya sup ayam lah yang menjadi idola. Sup ayam ialah obat untuk tenggorokan gatal paling enak dan lezat. Kaldu yang berada di dalam sup ayam ini akan membantu Anda untuk menghangatkan tubuh serta mampu membuat tenggorokan menjadi hangat. Sup ini baik di konsumsi ketika tenggorokan Anda gatal seperti ingin batuk. Ia dapat merangsang pengeluaran lendir yang berada di dalam tenggorokan.

  • Teh Chamomile
Mungkin bagi Anda yang bukan pecinta teh kurang familiar dengan teh yang satu ini. Teh chamomile, selain sebagai minuman teh biasa, ternyata ia juga mampu mengurangi sakit pada tenggorokan. Teh ini mampu mengatasi peradangan. Anda bisa menyeduh 2 buah kantong teh dengan segelas air yang mendidih. Tidak perlu menambahkan gula, untuk mendapatkan rasa manis, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan madu. Tambahkan beberapa sendok madu agar terasa lebih manis alami. Minum teh ini selagi masih hangat.

  • Daun Kemangi
Sepertinya untuk mendapatkan daun ini bukan perkara yang sulit. Anda bisa mendapatkannya dengan bebas di swalayan. Daun ini ternyata ampuh untuk menumpas sakit tenggorokan. Caranya dengan merebus daun kemangi. Setelah mendidih, Anda bisa meminum air rebusan dari daun. Selain meminum air rebusan daun, Anda bisa berkumur dengan air rebusan. Kumuran air rebusan ini akan mampu mengurangi sakit tenggorokan Anda.

  • Minyak Kayu Putih
Pengobatan yang akan kita lakukan kali ini dinamakan Steaming. Yang perlu dipersiapkan adalah satu ember air panas dan minyak kayu putih. Caranya, ambil seember air panas yang masih menguap kemudian beri tetesan minyak kayu putih. Dekatkan hidung dan hirup uapnya, jangan lupa tutup dengan handuk agar uapnya tidak kemana-mana. Prosesi ini untuk melancarkan pernafasan dan mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan.

Terimakasih Atas Kunjungannya,Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Kita Semua



14 Bahan Alami Untuk Mengatasi Radang Tenggorokokan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar